Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online


Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online. banyaknya kemudahan yang dirasakan pada hampir setiap lini kehidupan saat ini seharusnya mmebuat seseorang menjadi lebih baik dan efisien dalam menggunakan waktu. hal ini sangat kontras sekali jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam dimana teknologi modern utamanya teknologi informasi masih dimiliki oleh perusahaan besar dan institusi tententu. sekarang sistem online telah banyak membantu kerja manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. seperti pendaftaran sekolah online untuk smp sma juga sd, pembayaran pbb di atm, cek tagihan listrik sudah bayar atau belum, cek saldo bpjs kesehatan dan juga yang lain. termasuk juga Pendaftaran Akta Kelahiran Surabaya Online. ini merupakan suatu langkah maju dari segi palayanan umum bagi warga dan masyarakat surabaya dalam mengurus akte kelahiran. tidak hanya itu saja tapi juga gratis alias tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk membuat akta anak dengan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. namun jika terlambat maka dikenai denda yang dibayar di bank JATIM.

namun sebelum membahas Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online, akan diterangkan sejenak mengenai hal yang berkaitan dengan catatan sebelumnya yaitu bagaimana cara mengecek KTP elektronik secara online untuk wilayah kota pahlawan surabaya. jika anda warga surabaya, anda dapat melihat di website resmi dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk mengecek ktp-el sudah terekam dan dicetak atau belum  sehingga tahu apakah ktp seumur hidup yang menjadi kartu identitas nantinya dapat diambil atau belum. selain itu kita dapat juga cek ktp asli atau palsu dengan fitur tersebut. artinya jika no NIK yang ada di kartu tanda penduduk seseorang dimasukkan di situs dispendukcapil dan hasilnya menjelaskan bahwa ktp tersebut terdaftar dan terekam kartu elektronik maka dapat dipastikan bahwa kartu tersebut asli. namun jika sebaliknya yaitu tidak terdaftar di data center dispendukcapil maka ada kemungkinan kartu tersebut palsu. info lebih lengkap silahkan baca Cek KTP Surabaya Online.

bagi masyarakat dan warga kota pahlawan khususnya bagi para bapak atau ayah sekarang tidak perlu repot untuk mengurus akta kelahiran anak karena telah tersedia layanan Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online. orang tua tidak perlu datang terlebih dahulu ke kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil untuk bertanya mengenai hal yang berkaitan dengan akte kelahiran karena semua telah dijelaskan di website resmi dispendukcapil. info-info yang diperlukan dijelaskan dengan mudah seperti apa saja persyaratan akta kelahiran surabaya, bagaimana cara pendaftaran, berapa denda yang harus dibayar jika terlambat, berapa lama waktu urus akte lahir, serta bagaimana mengecek Akta Kelahiran Online. jika sudah mendaftar akta lahir secara online maka para orang tua dapat melihat sampai dimana proses pelayanan akta anak tersebut. apakah sudah disetujui RT, RW dan Kelurahan serta Dispenduk atau belum. info lengkap silahkan baca Cek Akta Kelahiran Online Surabaya.

Sebenarnya bukan hanya surabaya saja yang telah menerapkan pelayanan akta kelahiran secara online. ada banyak kota dan kabupaten lain yang juga menggunakan sistem online dalam membuat akta lahir anak seperti yogyakarta (jogja), medan dan kota kembang bandung. informasi lebih lanjut silahkan lihat Cara Mengurus Akta Kelahiran Online. selain itu ada beberapa kabupaten yang juga memberikan pelayanan bagi masyarakat agar dapat mengurus akta kelahiran online diantaranya kabupaten pati, cirebon, temanggung dan banyuwangi. Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya secara online termasuk salah satu langkah maju dalam memberikan kemudahan bidang public service.

namun saat ini tidak sedang membahas hal yang berkaitan dengan pemutihan akta kelahiran surabaya atau juga cara legalisir akte. serta tidak sedang menjelaskan bagaimana cara mengurus akta kelahiran yang hilang. akan tetapi menjelaskan tentang Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online melalui website resmi lampid.

Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online

yang terpenting sebelum melakukan pendaftaran adalah sebaiknya dilengkapi persyaratan akta kelahiran surabaya diantaranya :
- surat keterangan kelahiran
- fotokopi KK dan KTP orang tua
- fotokopi Akta nikah legalisir
- fotokopi KTP saksi 2 orang
- pengantar RT/RW
- jika terlambat (lebih dari 60 hari) maka kena denda Rp 100.000

untuk membuat akta kelahiran surabaya maka kunjungi website lampidsurabaya go id. kemudian klik tombol DAFTAR. masukkan no KK (kartu keluarga) anda dan klik Cek No KK (disebelah kanan), jika nomor kartu keluarga anda benar maka muncul nama kepala keluarga dan klik SIMPAN.
Akte lahir Surabaya
klik tombol daftar
Akte lahir Surabaya
klik cek no kk
selanjutnya masukkan NIK (nomor induk kependudukan) ibu dan klik Cek NIK, jika benar maka muncul nama ibu dan tanggal pernikahan kemudian klik SIMPAN DAN LANJUTKAN.
Akte lahir Surabaya
klik cek nik ibu
isikan data anak yang baru lahir dengan lengkap seperti nama, jenis kelamin, hari dan tanggal lahir, berat dan panjang bayi dan seterusnya sampai selesai kemudian klik SIMPAN.
Akte lahir Surabaya
isikan data bayi
inputkan NIK ayah dan klik Cek NIK, jika benar maka muncul nama ayah lengkap. kemudian klik SIMPAN DAN LANJUTKAN.
Akte lahir Surabaya
klik cek nik ayah
selanjutnya masukkan data pelapor dan 2 orang saksi dengan proses yang sama seperti memasukkan data ayah diatas.
Akte lahir Surabaya
klik cek nik saksi 1
masukkan data keluarga seperti no telp dan alamat rumah surabaya karena akte kelahiran anak akan dikirim ke rumah rumah yang ditulis diatas melalui kantor pos indonesia. beri Centang pada kotak setuju dan klik SIMPAN. maka pendaftaran akta kelahiran surabaya online berhasil.
Akte lahir Surabaya
masukkan data keluarga
namun Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online masih belum selesai karena masih ada proses upload file berkas syarat buat akte secara lengkap. untuk mulai uplod silahkan klik tombol CHOOSE FILE disebelah kanan dan cari letak file surat keterangan kelahiran kemudian klik OPEN. maka beberapa detik kemudian file telah terkirim. untuk proses upload file berkas persyaratan akta kelahiran yang lain prosesnya sama dengan upload surat keterangan diatas.
Akte lahir Surabaya
klik tombol choose file untuk upload syarat berkas
Akte lahir Surabaya
surat kelahiran berhasil diupload
jika proses upload berkas Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online sukses maka muncul konfirmasi bahwa pendaftaran akte telah berhasil. anda dapat mencetak lembar tersebut yang berisi No dan Tanggal Pendaftaran atau mencatatnya saja. keduanya dapat digunakan untuk cek akta kelahiran secara online untuk mengetahui sejauh mana proses pembuatan akte yang telah dilalui.
Akte lahir Surabaya
catat nomor dan tanggal pendaftaran akte
demikian artikel cara Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online di website resmi dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota pahlawan dan baca juga Cara Perpanjang SIM Online. semoga sukses.          

Postingan terkait:

16 Tanggapan untuk "Pembuatan Akta Kelahiran Surabaya Online"

  1. Kalau telat lapor dendanya di bayar dmn ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bank jatim sebesar Rp 100.000

      Hapus
    2. Kalau akte kelahiran telat sampai anaknya umur 6 thun kene denda berapa ya

      Hapus
  2. SETELAH YANG KITA LAKUKAN SUDAH SELESAI DAN DAPATSURAT KETERANGAN PENDAFTRAN AKTE KELAHIRAN BERHASIL KEMUDIAN BERKAS DI SERAHKAN KE KANTOR KELURAHAN,, BERAPA LAMA LAGI KITA MENUNGGU AKTE KELAHIRAN ANAK YANG ASLINYA... TERIMAKASIH

    BalasHapus
  3. Klau sya sudah usia 25thn tapi gak punya akta.orang tua sya orang gk punya dlu gk bisa urusin..misalnya sekarang saya mau bikin akta APA BISA ya?
    Mohon pencerahanya

    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kok senasib lur hahahhahaha, ngenes rasane lak gak akui negoro iki,,,,aq yo bingung yo opo caranr ngurus akta lahir,,wes tuwek soale,,lak mung modal KTP iso gawe akta,enak,iki syarate akeh,wong tuo wes cerai sisan,mbuh gak ngerti parane, kudhu tak tangisi ae rasane nasib iki hehehhehehehe

      Hapus
    2. sama bosss,surat nikah ortu uda hilang ayah aq uda almarhum,gmn ya cara nya biar gampang buat akte kelahiran

      Hapus
  4. Saya buat akta kelahiran sudah 2 bln lebih, blm jadi. Apa harus ke dispenduk

    BalasHapus
  5. Kalau Surat Keterangan Lahir dari RS Sidoarjo, saya yg ber KTP Sby apakah bisa menggunakan fasilitas ini Bu?

    BalasHapus
  6. Yg jadi Saksi orang tua saya sndri apa boleh ya?

    BalasHapus
  7. Di dlam syarat yg baru.. Ada surat peryataan pencatatan dan surat berita polisi.
    Itu gmana caraNya...??

    BalasHapus
  8. Saya baca artikel Dispenduk,katanya akta kelahiran bisa selesai bersama dg KK dlm waktu 4-5 hari kerja, tapi sy baca di salah satu jawaban pertanyaan, jika akta lahir selesai 2minggu sampai 1 bulan.., yg betul yg mana ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman buat akta anak di surabaya selama 2 minggu dan dikirim via kantor pos. mungkin sekarang semakin cepat

      Hapus